10 Okt 2011

Home » » Mencoba mengatasi duplikat content

Mencoba mengatasi duplikat content

Cara Mengatasi Duplikat Konten - Duplicate Content on Title dan Description Blogspot yang tidak disukai oleh google dan search engine lainnya.

Duplicate content biasanya terjadi karena adanya dua link yang memiliki judul sama dalam satu blog meskipun sebenarnya hanya satu judul yang kita buat sebelumnya. Mengapa bisa terjadi?

Hal ini terjadi karena link utama judul postingan juga memiliki link komentar (comment link) yang berbeda tetapi memiliki judul dan deskripsi yang sama. Perbedaan tersebut terletak pada akhir url utama postingan. Perhatikan contoh perbedaan link judul utama posting dengan link komentar posting berikut:

http://banjarbaru-zone.blogspot.com/2011/10/buang-meta-duplikat-descripsi-v3.html
http://banjarbaru-zone.blogspot.com/2011/10/buang-meta-duplikat-descripsi-v3.html?showComment=1234567890


Kedua link tersebut memiliki judul dan deskripsi yang sama. Jika google mengindeks kedua link tersebut maka akan dianggap sebagai duplicate title and description.

Bagaimana cara mengetahui adanya duplicate title and description di blog Anda?

Cara mengetahui adanya duplikat konten di blog atau blogspot Anda bisa dilihat dengan masuk ke Google Webmaster Tool > klik alamat blog Anda > Diagnostics > HTML suggestions. Dari situ akan ditampilkan apa saja yang menjadi masalah pada blog Anda mengenai html Title, Description, missing title, dll. Jika ternyata ada keterangan bahwa di blog Anda ada duplicate maka Anda harus segera mengatasinya.


Mengatasi Duplicate Title dan Description Blogspot

Untuk mengatasi duplicate content pada title dan description bisa dilakukan dengan cara menghapus comment link dari indeks google melalui remove url (removal tool dari google webmaster tool) karena duplikat konten tersebut diakibatkan oleh link komentar.
Untuk mencegah terjadinya lagi duplicate title dan description yang disebabkan link komentar, berikut ini adalah cara mengatasi duplikat konten - how to remove duplicate content on title and description in blogger blogspot:
Login ke blogger.com > klik Design/Rancangan > Edit HTML > centang Expand template widget
Cari kode berikut:
<a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'>
<data:comment.timestamp/>
</a>

Hapus kode tersebut dan ganti dengan kode berikut:


<b:if cond='data:post.commentPagingRequired'><a expr:href='data:comment.url' title='comment permalink'><data.comment.timestamp/></a><b:else/><a expr:href='data:blog.url +&quot;#&quot; + data:comment.anchorName' rel='nofollow' title='comment permalink'><data:comment.timestamp/></a></b:if>

Untuk otomatis letakan saja kode dibawah ini diatas kode </HEAD>:
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

simpan,,,selesai,,,

slmt...mencoba....

Silakan komentar:
- Bila susah boleh pakai anonymous, bila salah bisa dihapus kemudian ulang komentar lagi,
- Dilarang komentar Promosi
Terima kasih kunjungannya.